Sunday, April 21, 2013

Guru Sertifikasi Galau Data Dapodik

Guru Sertifikasi Galau Data Dapodik - Info Terbaru 24. Oke, ini adalah Info Berita Terbaru yang di publish secara Gratis di infoterbaru24.blogspot.com yaitu tentang Guru sertifikasi pun menjadi galau dengan sistem administrasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) – karena berbagai alasan yang berlawanan dengan data sekolah tentang alokasi jam mengajar maupun mata pelajaran serta latar belakang pendidikan yang diampu guru. Istilah valid dan tidak valid menjadi gumam beberapa guru yang data pribadinya tidak dapat diakses dalam instrumen penghimpun Dapodik secara online. Malah, sebagian besar guru mengeluh bahwa operator sekolah tidak mengerti dan justru membuat permasalahan menjadi lebih merisaukan karena tidak juga dapat direquest secara benar. Apalagi pada awal April 2013 ini guru yang sudah menerima Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) telah terpampang secara digital dan cetak sebagai penerima sah tunjangan sertifikasi untuk Tahun Ajaran 2013/2014. Sementara, ada sekolah yang baru 20% sampai 50% data guru dapat dinyatakan valid dalam rekaman Dapodik sehingga menjadi perbincangan yang tidak sedap dalam membangun nilai-nilai kesejahteraan guru. 
Guru Sertifikasi Galau Data Dapodik
Bukan guru lagi gaptek kalau hanya mengisi pemberkasan Dapodik, akan tetapi instrumen yang diformat secara otomatis terhadap persyaratan guru sertifikasi ternyata bertentangan dengan data sekolah sehingga operator membuat aturan sendiri agar dapat request data sekalipun harus melawan pengaturan alokasi jam mengajar, mata pelajaran dan latar belakang pendidikan yang diampu. Tragis memang, namun batas akhir tanggal pemberkasan yang mendesak serta pencairan tunjangan yang sudah dekat, yaitu tanggal 9 hingga 16 setiap triwulan (April/Juli/Oktober/Desember) bikin guru benar-benar semakin galau. Sebelum tunjangan profesi guru ditransfer akan diterbitkan SKTP untuk satu tahun berjalan yang dapat diketahui melalui akses internet secara online berupa data diri guru dan status tunjangan profesi serta nilai tunjangan yang diterima. Bukankah mekanisme ini seharusnya lebih memudahkan guru, namun ternyata pemberkasan Dapodik masih menjadi kendala untuk beberapa guru.
Guru Sertifikasi Galau Data Dapodik http://infoterbaru24.blogspot.com/2013/04/guru-sertifikasi-galau-data-dapodik.html
Berikut adalah cara mengetahun SKTP di situs P2TK Dikdas:
  • Kunjungi website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar
  • Login di form INFO SK dengan memasukan NUPTK dan password berupa tahun lahir, bulan, dan tanggal tanpa spasi (19600421)
  • Apabila berhasil login segera diketahui SKTP sudah dicetak atau belum (atau masih dalam proses).
Namun berdasarkan Petunjuk Teknis Dapodik, bahwa data yang ditampilkan pada laman login bukan acuan untuk proses pembayaran tunjangan sertifikasi. Karena, sewaktu-waktu data Dapodik ini dapat berubah tanpa pemberitahuan sehingga data manual yang ada di Kantor Diknas selaku pengelola dana tunjangan juga menjadi rujuan guru sertifikasi.
  Sahabat guru yang lagi galau memberi petunjuk agar mengakses situs Direktorat P2TK Pendidikan Dasar yang beralamat di http://116.66.201.163:8000/index.php jika mengalami kesulitan melakukan request Dapodik. Namun, hendaknya bersikap sabar karena jutaan guru lainnya juga sedang mengakses web tersebut sehingga memungkinkan server lamban. Silakan mencoba akses internet pada waktu sepi misalnya tengah malam atau setelah sholat subuh. Selamat bersilancar di dunia maya dan temukan SKPT.
 
Demikian Info Berita Terbaru dari Info Terbaru 24. Semoga bermanfaat buat semua pengunjung infoterbaru24.blogspot.com mengenai berita Info Terbaru 24 tentang Guru Sertifikasi Galau Data Dapodik

SUMBER: (picture okezone and http://pinterdw.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment